Media Planning
(Perencanaan Media)
Oleh : Winarta
Media planing adalah kegiatan
media untuk mengomunikasikan satu pesan ke satu sasaran di waktu yang tepat, dan frekuensi
yang tepat.” Tujuan dari satu rencana media adalah agar menjadi efisien.yang dimaksud ialah untuk memperoleh keuntungan maksimal pada biaya
minimum.
Media brief adalah Perencana Media
memerlukan keterangan penting dari klien,
seperti :
1.Market
Profile
2.Competitor
Media Strategy
3.Target
Market Profile
4.Media
Objectives
5. Budget
Media plan adalah Satu dokumen yng
menguraikan secara singkat bagaimana satu anggaran belanja
media klien akan dibelanjakan.”
Media objectives adalah
Who : siapa target pasar produk.
What : apa pesan yang ingin disampaikan.
Where : dimana tempat/pasar yang menjadi prioritas.
When : kapan waktu yang tepat untuk beriklan.
How : banyaknya, seberapa sering, dan berapa lama.
Banyak faktor yang di evaluasi dan biasanya tergolong berdasarkan prioritasnya
1. Target pasar dan pencocokan strategi media.
2. Strategi kreatif mempengaruhi pemilihan media.
3. Keputusan/ pemilihan berlandaskan anggaran keuangan.
4. Keputusan pemilihan waktu sangat penting bagi penjadwalan/penyusunan. Prioritas
Jangkauan, frekuensi, dan kontinuitas.
5. Anggaran keuangan
REACH : Total audience menunjukan 1 atau banyaknya pesan dalam satu periode,biasanya
per minggu.
FREQUENCHY : Angka rata-rata yang dibutuhkan suatu pesan untuk di tunjukan pada
audience dalam suatu periode.
CONTINUITY : Banyaknya Waktu
yang dibutuhkan untuk memberi dampak pada
target audience.
Media executions
Ada 3 faktor yang menentukan keputusan dalam pemilihan media, yaitu :
1.Type
of Media Magazine Television
2.Class
of Media Sports Network
3.Specific
Medium Sports Illustrated CTV
Scheduling and Budget Summary
Bloking chart meringkas dalam beberapa halaman semua rincian eksekusi
media, seperti:
pemakaian
media, intensitas, jangkauan dan frekuensi, dan pemilihan waktu dari kampanye.
Budget summary digolongkan oleh pemakaian di
medium, daerah, dan waktu selama
setahun.
Kelebihan dan kekurangan media
Televisi
memiliki impact
yang besar bagi target audience, dan jika ditambah dengan pengemasan
pesan yang baik tentu akan berdampak bagi produk yang di promosikan. Namun, media
televisi terhitung mahal sebagai media beriklan sehingga tidak semua perusahaan
megiklankan produknya di media ini.
Media radio
Radio
menjadi media lokal yang cukup efektif untuk beriklan dan lebih memfokus pada target yang
dituju. Akan tetapi di lain hal iklan radio sangat membutuhkan pengemasan pesan yang baik
karena penyampaiannya hanya lewat audio/suara.
Koran
telah menjadi media yang banyak menyampaikan aspirasi sehingga pesan iklan di media
cetak ini lebih atraktif. Namun koran lebih terfokus pada kegiatan promosi di area lokal.
Media majalah lebih fokus pada target marketnya cakupannya cukup luas namun tidak banyak
frekuensi dibanding koran.
Media ini mencakup daerah yang tidak besar, biasanya di letakkan di jalan-jalan raya besar
yang banyak dilewati pengendara motor/mobil sehingga dapat dilihat oleh target marketnya.
Pesan yang disampaikan juga mudah dimengerti.
.
Terima kasih atas perhatiannya
Saya minta maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan
Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman- teman
Selamat malam
SEE YOU
2.Competitor Media Strategy
3.Target Market Profile
4.Media Objectives
5. Budget
What : apa pesan yang ingin disampaikan.
When : kapan waktu yang tepat untuk beriklan.
How : banyaknya, seberapa sering, dan berapa lama.
Banyak faktor yang di evaluasi dan biasanya tergolong berdasarkan prioritasnya
1. Target pasar dan pencocokan strategi media.
2. Strategi kreatif mempengaruhi pemilihan media.
3. Keputusan/ pemilihan berlandaskan anggaran keuangan.
4. Keputusan pemilihan waktu sangat penting bagi penjadwalan/penyusunan. Prioritas
Jangkauan, frekuensi, dan kontinuitas.
5. Anggaran keuangan
Ada 3 faktor yang menentukan keputusan dalam pemilihan media, yaitu :
Budget summary digolongkan oleh pemakaian di medium, daerah, dan waktu selama
setahun.
Media majalah lebih fokus pada target marketnya cakupannya cukup luas namun tidak banyak
Media ini mencakup daerah yang tidak besar, biasanya di letakkan di jalan-jalan raya besar
Keren-keren isi blognya.
ReplyDeleteHarusnya disediakan fasilitas follow :)
Makasih Ron.
ReplyDeleteoh iya, hehe