Pages

Wednesday, November 26, 2014

Media Planning 
(Perencanaan Media)

Oleh : Winarta


Media planing adalah kegiatan  media untuk mengomunikasikan satu pesan ke satu sasaran di waktu yang tepat, dan frekuensi yang tepat.” Tujuan dari satu rencana media adalah agar menjadi efisien.yang dimaksud ialah untuk memperoleh keuntungan maksimal pada biaya minimum.  


Media brief adalah Perencana Media memerlukan keterangan penting dari klien
seperti :
            1.Market Profile
2.Competitor Media Strategy
3.Target Market Profile
4.Media Objectives
5. Budget

Media plan adalah Satu dokumen yng menguraikan secara singkat bagaimana satu anggaran belanja media klien akan dibelanjakan.” 


Media objectives adalah

Who   : siapa target pasar produk.

What  : apa pesan yang ingin disampaikan.

Where  : dimana tempat/pasar yang menjadi prioritas.

When  : kapan waktu yang tepat untuk beriklan.

How  : banyaknya, seberapa sering, dan berapa lama.



Banyak faktor yang di evaluasi dan biasanya tergolong berdasarkan prioritasnya

ž1. Target pasar dan pencocokan strategi media.

2. Strategi kreatif mempengaruhi pemilihan media.

3. žKeputusan/ pemilihan berlandaskan anggaran keuangan.

4. žKeputusan pemilihan waktu sangat penting bagi penjadwalan/penyusunan.ž Prioritas
Jangkauan, frekuensi, dan kontinuitas.

ž5. Anggaran keuangan



REACH : Total audience menunjukan 1 atau banyaknya pesan dalam satu periode,biasanya per minggu.

FREQUENCHY : Angka rata-rata yang dibutuhkan suatu pesan untuk di tunjukan pada audience dalam suatu  periode.

CONTINUITY : Banyaknya Waktu yang dibutuhkan untuk memberi dampak pada target audience.


Media executions 

žAda 3 faktor yang menentukan keputusan dalam pemilihan media, yaitu :

1.Type of Media              Magazine                   Television
2.Class of Media            Sports                         Network
3.Specific Medium        Sports Illustrated        CTV 

Scheduling and Budget Summary

Bloking chart meringkas dalam beberapa halaman semua rincian eksekusi media, seperti: 
pemakaian media, intensitas, jangkauan dan frekuensi, dan pemilihan waktu dari kampanye.

Budget summary digolongkan oleh pemakaian di medium, daerah, dan waktu selama
setahun.


Kelebihan dan kekurangan media

Televisi 
memiliki impact yang besar bagi target audience, dan jika ditambah dengan pengemasan
pesan yang baik tentu akan berdampak bagi produk yang di promosikan. Namun, media
televisi terhitung mahal sebagai media beriklan sehingga tidak semua perusahaan
megiklankan produknya di media ini.
Media radio
 Radio
menjadi media lokal yang cukup efektif untuk beriklan dan lebih memfokus pada target yang
dituju. Akan tetapi di lain hal iklan radio sangat membutuhkan pengemasan pesan yang baik
karena penyampaiannya hanya lewat audio/suara.
 
Koran 
telah menjadi media yang banyak menyampaikan aspirasi sehingga pesan iklan di media
cetak ini lebih atraktif. Namun koran lebih terfokus pada kegiatan promosi di area lokal.

Media majalah lebih fokus pada target marketnya cakupannya cukup luas namun tidak banyak
frekuensi dibanding koran.
Media ini mencakup daerah yang tidak besar, biasanya di letakkan di jalan-jalan raya besar
yang banyak dilewati pengendara motor/mobil sehingga dapat dilihat oleh target marketnya.
Pesan yang disampaikan juga mudah dimengerti.

.






Terima kasih atas perhatiannya
Saya minta maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman- teman



Selamat malam




SEE YOU

 

2 comments: