Pages

Tuesday, November 25, 2014

DASAR- DASAR PEMASARAN

&PERILAKU KONSUMEN


Oleh : Winarta











Elemen Dasar Pemasaran :

1. Marketing Strategy 
A. Value for customer : 1. Memenuhi kebutuhan dan keinginan ( Brand )
       2. Berkualitas lebih baik dari pesaing ( Benefit )
       3. Layanan purna jual yang prima ( Services )


Brand
Marlboro...adalah jenis rokok tanpa tembakau, dan hanya di beri saus perasa.. atau biasa disebut rokok putih..! 
Marlboro : menggunakan tembakau Virginia, tanpa cengkeh dan saos. 
Sampoerna dan Djarum, menggunakan tembakau lokal, saos dan cengkih. 
Sampoerna dan Djarum punya standar tersendiri dalam pembelian tembakau dan cengkih dari petani. 
Biasanya tembakau di pilih berdasar, Cekel (pegang), Ganda (bau) dan Warna, serta tak kalah penting juga rajangan tembakau. Untuk racikan saos 
merupakan suatu kerahasian dari masing-masing produsen. 
Benefit
Merokok Mengurangi Resiko Parkinson. 
Banyak bukti yang menunjukkan bahwa merokok melawan penyakit Parkinson. Sebuah penelitian terbaru menambah kuat bukti sebelumnya yang melaporkan bahwa merokok dapat melindungi manusia dari penyakit Parkinson.  Secara khusus, penelitian baru tersebut menunjukkan hubungan temporal antara kebiasaan merokok dan berkurangnya risiko penyakit Parkinson.  Artinya, efek perlindungan terhadap Parkinson berkurang setelah perokok menghentikan kebiasaan merokoknya. 
Services
Untuk service khusus, tidak ada.
Hanya memberikan pelayanan yang ramah



B. Managing brand : 1. To build ( brand atribute )
     2. To develop ( brand benefit )
     3. To retain ( brand value )


Brand atribute
Marlboro yang sarat simbolisme koboi Amerika. Sosok koboi dianggap produsen Marlboro sebagai simbol kejantanan yang diinginkan hampir semua lelaki di dunia. Sasarannya tentu saja pria-pria yang ingin kelihatan jantan di mana dengan merokok Marlboro mereka akan kelihatan jantan.

Brand benefit
Produsen sengaja membuat rongga-rongga mikro pada selongsong batang rokok Marlboro. Rongga-rongga tersebut menyebabkan volume udara dari luar batang rokok menjadi lebih banyak terhisap. Hal itulah yang membuat penikmat rokok Marlboro mendapatkan rasa yang cenderung lebih lembut dan ringan ketika menghisapnya.

Rokok Marlboro yang diproduksi dan diperjualbelikan di Indonesia, yaitu Red Marlboro (Marlboro merah), Marlboro Menthol (Marlboro hijau), dan Marlboro Lights (Marlboro putih). Namun, seiring berkembangnya waktu, PT. Philip Morris membuat 3 varian Marlboro baru, yaitu Marlboro Mix 9 (Marlboro dengan campuran rempah khas Indonesia), Marlboro Black Menthol, dan terakhir Gold Marlboro Lights.

Arsitektur merek / value
Upgrade kemasan (marlboro filter merah ditambah geser pack) dan banyak ekstensi untuk pasar individu.
peningkatan kualitas
desain fungsi promosi menarik dan canggih kemasan
inovasi produk
Filter ditambah teknologi marlboro intens (lebih pendek, rokok yang kaya-rasa
produk mentol baru (crips, segar dan es mint, terutama untuk pasar Asia) dan kretek atau rokok semanggi

Banyak perokok mulai merokok di sekolah tinggi dan tetap setia kepada merek mereka mulai merokok ( focus group ).
Strategi kompetitif Marlboro adalah diferensiasi . 



C. Solving marketing problem 
Revitalizing : 
1. Hunting strategy : Sales Promotion,

2. Farming strategy : Event, Sampling, Gift untuk perokok setia

Repositioning : Tag line : Come to MARLBORO Country (1965-2005)
    Buy line : Be MARLBORO (2013)

Relaunching : Philip Morris ‘ Marlboro saat ini dalam siklus hidup dewasa . Industri rokok secara keseluruhan dalam siklus hidup ini . Tujuan untuk tahap mature adalah untuk memperpanjang siklus hidup Marlboro dengan mempertahankan posisi pemimpin merek , gambar iklan , dan mengorbankan produk .
Share folder :  Management, karyawan, suplier, produksi
tenaga penjualan yang efektif, mengambil keuntungan dari pangsa pasar yang besar, membangun hubungan yang kuat dengan pengecer

Karakteristik umum: cakupan distribusi maksimum dan ruang rak paling atas untuk menekankan keunggulan merek.
Sangat disesuaikan dengan kondisi setempat, karena akses yang berbeda terbatas pada distribusi saluran di pasar.


2. Marketing Tactic
A. Aktivitas promosi : 

Dalam olahraga balap, Marlboro ini mensponsori Ferrari dan Ducati. Dalam olahraga bulu tangkis, Marlboro pernah mensponsori Piala Thomas dan Piala Uber pada tahun 1984-1990, serta Piala Sudirman pada tahun 1991-1995 dan 2001-2013.
Di Formula 1, merek ini mensponsori tim Ferrari sejak tahun 1997 setelah berpisah dengan tim McLaren, di MotoGP mensponsori Ducati sejak tahun 2003 setelah berpisah dengan tim Yamaha. Dari tahun 2005 sampai 2007, tim GP2 Series ART Grand Prix juga disponsori oleh Marlboro. 
Pada pertengahan tahun 2006 , khusus “ edisi balap “ Marlboro Red terjual di Inggris , dengan desain Ferrari - terinspirasi , meskipun nama Ferrari dan badge tidak digunakan . Mereka juga datang dalam menthols.


Strategi above the line (ATL), yakni aktivitas promosi langsung seperti beriklan di media cetak, elektronik atau media luar ruang untuk membangun brand image produk. Juga melalui strategi promosi below the line (BTL) sebagai upaya merangkul kon¬sumen agar kian aware dengan produk atau brand tertentu. Kegiatan BTL termasuk di antaranya menyeponsori acara hiburan musik, pameran, brand activation, seperti peluncuran produk atau kegiatan sejenis lainnya.

Marketing 
beralih menjual dan membeli satu dapat satu gratis untuk kegiatan yang dilakukan oleh tenaga penjualan lokal
promosi online: diskon, kupon, ulang tahun, hadiah, tiket konser, kompetisi dengan hadiah untuk anggota yang terdaftar
marlboro club: menyatukan perokok yang suka rokok marlboro, mempertahankan loyalitas merek


HARGA Philip Morris menggunakan harga sebagai taktik pemasaran yang agresif. Musim semi lalu 40-perpack cut meraih perhatian konsumen, mempersempit kesenjangan dengan merek diskon, dan meremas saingan. Langkah Kedua: Perusahaan ini diharapkan menyenggol harga kembali tenang musim semi ini.

PROMOSI Mengandalkan kurang pada iklan gambar broadbrush. “Continuity” program seperti Marlboro Adventure Team dan Country Store mendatang kampanye dengan menawarkan mereka Marlboro barang - membangun loyalitas konsumen dan basis data.

PRODUK BARU Semakin pendek Express, yang bertujuan pada saat ditekan dan harga-sadar, sedang dipertimbangkan. Pilihan lain: karton rokok longgar dan roll-Anda-sendiri smokes.Laura Zinn di New York



B. Program komunikasi : 

Event, Public relationship 

Marlboro club: menyatukan perokok yang suka rokok marlboro, mempertahankan loyalitas merek

“Untuk mensosialisasikan kampanye Be>Marlboro ini kami menggelar program eksklusif yang ditujukan khusus bagi perokok dewasa di Indonesia, kegiatannya interaktif, stylish, premium dan menawarkan ‘world experience’



3. Marketing Budget

A. Affordable method 
( anggaran pemasaran yang disesuaikan dengan kemampuan perusahaan )


B. Percentage of sales method
( persentase tertentu dari sales target budget pemasaran )


C. Objectives tasks method
( sesuai dengan penugasan  yang diberikan )

Berkat penurunan pendapatan, perkiraan Black, 1100000000 $ 1994 anggaran promosi Morgan adalah $ 500 juta lebih rendah dari tahun lalu total. The $ 400.000.000 anggaran iklan datar, Black mengatakan. Ini adalah perubahan yang nyata dari tahun 1980, ketika lonjakan harga didanai dada perang pemasaran tampaknya tak berdasar. “Philip Morris menaikkan harga Marlboro dua kali setahun selama 10 tahun, dan mereka keuntungan mudah mampu menutupi efisiensi pemasaran mereka,” kata Murray Hillman, presiden Strategi Workshop, sebuah perusahaan konsultan New York.



Marlboro bukan satu-satunya asap untuk mendapatkan keuntungan dari iman Philip Morris ‘ dalam merek premium . Lebih banyak iklan dan promosi juga diharapkan untuk Virginia Slims dengan mengorbankan Basic , Philip Morris ‘high- riding diskon rokok . Banyak Basic $ 10.000.000 anggaran iklan akan bergeser ke Virginia Slims , kata salah satu orang dalam . Alasannya : Premium harga rokok , yang mulai dari $ 1.90 per pack , tiga kali lebih menguntungkan sebagai diskonto merokok , di sekitar $ 1.35.


4. Marketing Goals

A. Tingkatan Consumen :

Sampai saat ini tingkatan konsumen untuk rokok marlboro, telah mencapai tahapan 
advocate, yang kira- kira menguasai pangsa pasar 60%, sedangkan 40% nya, terdiri dari 
klien, customers, shoppers, prospect, susupect.

Brand Switching Pattern Matrix menunjukkan bahwa nilai Probability Rate of Transition (ProT) adalah 27,44% dengan jumlah konsumen yang tidak loyal adalah sebesar 24%


B. Market share : 

saat ini di Indonesia Marlboro menguasai setidaknya 7% pangsa pasar rokok nasional. Untuk di tingkat dunia, Indonesia termasuk 10 besar negara dengan pangsa pasar terbaik bagi rokok yang sudah mulai dikenal awal tahun 1.900-an itu. 

Philip Morris International Inc (PMI) mengkalim market share bisnis rokok dari Indonesia meningkat 35.6% sampai akhir tahun 2012, tumbuh 2.8 points dibandingkan tahun 2011.
Menurut Philip Morris, perusahaan yang mengontrol PT HM Sampoerna (HMSP), total pasar rokok tumbuh di atas 8.2 % menjadi 302.5 miliar unit pada tahun 2012.
Peningkatan ini dikontribusi dari pertumbuahan segment premium dan segmen kelas menengah dan tumbuh di atas 9.4% menjadi 79.2 miliar unit.

Pasar rokok Marlboro tumbuh 0.3 points menjadi 4.8% dan rokok putih meningkat 4.9 points menjadi 71.2%.  Pasar Dji Sam Soe meningkat 7.8%. (FD)
PT HM Sampoerna Tbk. 

KARIR MOVES . Langkah lain untuk menggeser perokok ke rokok dengan harga premium , Philip Morris dan RJ Reynolds Tobacco Co bulan ini dipotong setengah 60 per karton mereka memberikan grosir tembakau untuk mendorong merek diskon. Dan perokok hampir tampaknya melihat ketika Philip Morris dan para pesaingnya menaikkan harga sebesar 4 per bungkus pada bulan November . Setahun yang lalu , rokok harga premium menyumbang 61 % dari pasar domestik ; Hitam mengharapkan angka itu untuk berdiri di 66 % pada akhir kuartal pertama . Analis dan distributor tembakau percaya kenaikan harga lain sudah dekat . Itu akan meningkatkan pendapatan Philip Morris ‘ . Caranya adalah dengan menaikkan harga tanpa mengganggu upaya perusahaan untuk memposisikan rokok sebagai nilai yang baik - dan tanpa memicu perang harga .


C. Profitability

(“Sampoerna”) melaporkan peningkatan pendapatan selama sembilan bulan pertama di tahun 2013. Perusahaan mencatat penjualan bersih sebesar Rp 54,7 triliun, atau naik 12,8% dari R p48,5 triliun di periode yang sama pada tahun 2012.
PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) mencatatkan peningkatan penjualan bersih selama periode Januari-September tahun 2013 sebesar Rp 54,7 triliun atau naik 12,8 persen dari Rp 48,5 triliun di periode sama tahun lalu.

Banyak yang naik pada kemampuan Marlboro untuk melakukan lebih banyak dengan sedikit . Merek menyumbang 60 % dari penjualan Philip Morris USA dan 75 % dari pendapatan operasional pada tahun 1993 . Sebagian besar karena dari Marlboro Jumat , analis memperkirakan laba usaha di seluruh dunia perusahaan induk tergelincir menjadi $ 9,3 miliar pada tahun 1993 dari $ 11 milyar pada tahun 1992 . Pada bulan November , Philip Morris Cos mengumumkan rencana untuk menghilangkan 8 % dari angkatan kerja - sekitar 14.000 orang - dekat 40 tanaman , dan mengambil biaya $ 457.000.000 terhadap pendapatan . Dan rasa sakit tidak lebih dari : pendapatan operasional tembakau Domestik mungkin jatuh 31 % pada kuartal pertama tahun 1994 , kata Black . Tapi satuan volume harus naik 10 % , dan dia mengharapkan pendapatan untuk mulai pulih pada kuartal kedua. .




KESIMPULAN
Keberhasilan yang luar biasa Marlboro sebagai merek global adalah hasil dari:
1. strategi ekspansi global direncanakan dan dilaksanakan dengan hati-hati
2. riset pasar yang efektif untuk mengidentifikasi segmen konsumen global
3. citra merek yang kuat untuk menarik kelompok konsumen global ini (Marlboro Man)
4. campuran optimal antara standarisasi dan adaptasi di pasar
5. Tantangan masa lalu seperti: label peringatan kesehatan, kendala pemasaran, public
skandal, tuntutan hukum hukum, dll yang menguasai berhasil

SAAT STRATEGI GLOBAL/ current global strategy
1. menargetkan: komunitas global perokok dewasa muda
2. USP: berkualitas tinggi rokok gaya Amerika
3. fokus: segmen pertumbuhan setiap pasar dan baru
peluang untuk pertumbuhan
4. Keuntungan: citra merek global yang kuat dan pengakuan tinggi
meskipun pembatasan iklan

Atasan, lini produk yang sangat beragam
1. komitmen terhadap kualitas
2. penggunaan saluran media global dan peristiwa-peristiwa global
3. harga yang wajar dan terjangkau
4. inovasi produk konstan
5. strategi distribusi yang agresif
6. tanggung jawab sosial perusahaan
7. Marlboro memiliki tradisi menjadi
inovasi industri
 contoh: flip-top box, gabus mencari
filter, kertas terbakar lambat, paket slide, dll
8. Filter Ditambah Teknologi: revolusioner,
Ditambahkannya rasa, empat ruang sistem filter








Terima kasih atas perhatiannya
Saya minta maaf apabila terdapat kesalah kata atau penulisan
Semoga artikel ini bermanfaat buat teman- teman




SEE YOU











1 comment:

  1. Are you paying over $5 / pack of cigarettes? I buy my cigarettes from Duty Free Depot and I'm saving over 60% from cigs.

    ReplyDelete