Pages

Friday, November 28, 2014

Tahap Ketiga dalam Pembuatan 

Kampanye Sosial

Kampanye sosial tentang jalan 30 menit untuk kesehatan jantung


Oleh : Winarta
Visual Communication Design



Okey, selamat siang teman- teman jumpa lagi dengan saya pada tahap ketiga dalam pembuatan sosial campaign. Iya pada tahap ini kita coba membuat poster, kalau menurut saya ada tiga cara atau pendekatan dalam membuat sebuah poster, okey langsung saja.

1. Pendekatan FACTUAL : kita menggunakan fakta- fakta pada poster kita, misalnya dengan angka atau survei lainnya. Contohnya seandai pada poster rokok, tertulis ' kematian akibat rokok setiap jamnya 20 orang, tentu ini harus disurvei terlebih dahulu.

2. Pendekatan EMOSIONAL : disini biasanya, iklan atau pesan pada poster dibuat sedramatik mungkin, sehingga para pembaca tertugah emosinya, hehe.

3. Pendekatan IMAJINATIF : pada pendekatan ini, lebih menarik perhatian target audiens, saya tidak mengatakan 2 pendekatan diatas tidak menarik, cuma kalau kita menggunakan imajinatif, orang atau target audiens akan lebih tertarik untuk melihat, karena mereka penasaran.

Cacatan dari saya : Poster yang baik harus mempunyai Stoping Power, dalam artian disini orang bisa terhenti untuk melihat dan dalam pembuatan poster harus mengacuh pada TAGLINE yang telah dipilih sebelumnya.


Dibawah ini ada beberapa contoh poster saya yang belum diterima atau harus diperbaiki.


Pertama saya membuat poster ini dalam kampanye saya. Kata atau menurut dosen saya, posternya terlalu stilisasi atau penggayaan bentuk, sehingga hampir terlihat seperti logo, kemudian tidak atau kurang memberikan kesan jantung sehatnya.


Kemudian besok harinya saya coba membuat lagi, seperti dibawah ini





Untuk yang sebelah kiri menurut dosen saya terlalu realistik, hanya 2 foto perbandingan seperti itu.
Sedangkan untuk yang sebelah kanan menurut dosen saya, sebenarnya sudah baik, tapi tanda silang, tambah dan benar itu, terkesan seperti kali tambah benar, maka itu saya diminta untuk melakukan perbaikan lagi, dan kata dosenya ilustrasinya dibuat agak bervolume karena nantinya akan dicetak A2.




Okey, terima kasih teman- teman atas perhatianya. Saya minta maaf apabila terdapat kesalahan atau kekurangan, disini kita sama- sama belajar, hehe.

Tetap kreatif dan selamat mencoba, semoga bermanfaat

Ketemu lagi pada tahap selanjutnya


Sampai jumpa


No comments:

Post a Comment