Pages

Saturday, November 29, 2014

NIRMANA


Oleh : WinartaDesain Komunikasi Visual


Selamat malam, saya akan sedikit menjelaskan tentang nirmana sepengatahuan saya.
Nirmana terdiri dari 2 kata yaitu Nir yang berarti tidak, dan Mana yang berati makna, jika digabungkan Nirmana berarti tidak mempunyai makna.

Nirmana juga terdiri dari 2 jenis yang pertama nirmana 2 dimensi dan nirmana 3 dimensi, biasanya nirmana 2d disebut juga Dwimatra sedangkan nirmana 3d disebut juga dengan trimatra.

Beberapa unsur- unsur dari nirmana yang saya ketahui : 

1.Titik     adalah unsur visual yang ukurannya relatif kecil, tidak memiliki panjang atau lebar, dan
pangkan dari ujung sebuah garis atau bentuk yang akan dibangun. Sebuah titik yang berjalan, jalur yang dilaluinya adalah garis. 

2. Garis 
adalah sesuatu yang membatasi bentuk dan menyatakan ruang. Dalam penggunaan, garis memiliki arah horizontal dan vertikal dan diagonal. Dalam desain, peran garis adalah untuk memberi aksen, pembatas, atau kolom.A. Garis lurus : garis vertikal, horizontal, dan diagonalB. Garis lengkung : lingkaran, setengah lingkaran, bentuk S, gelombang, bentuk spiral.

3. Bentuk     adalah sesuatu yang memiliki wujud atau shape yang tampak dari suatu benda. Khususnya untuk benda-benda 2 Dimensional. Bentuk terbagi menjadi 2 macam, yaitu :A. Bentuk organis, segala sesuatu yang terdapat dialam bebas misalnya batu, atau daun.
Biasanya wujud bentuk organis tidak kaku.B. Bentuk non organis, atau bentuk geometris, yaitu segala bentuk ciptaan manusia. Memiliki 3 dasar yaitu segitiga, bujur sangkar, dan lingkaran. Atau basic form.

4. Ruang    adalah bentuk 2 atau 3 dimensional. Bidang atau keluasan positif atau negatif yang dibatasi
oleh sebuah limit. Terjadi karena persepsi mengenai kedalaman sehingga terasa jauh dan
dekat, tinggi dan rendah. Bersifat positif dan negatif, datar atau ilusi. Memiliki dimensi panjang,
lebar, dan dalam.ruang dikatakan datar atau flat bila semua bentuk terletak diatas bidang 2
dimensi dalam bidang gambar atau kertas.  
5. Tekstur     adalah sifat dan kualitas fisik dari suatu benda. Kasar, halus, keras, lunak dan sebagainya tekstur terbagi menjadi 2 jenis, yaitu tekstur nyata dan tekstur semu, masing-masing terbuat dari alam dan ciptaan manusia.




Dibawah ini ada beberapa contoh tugas kuliah saya



Saya buat dari tusuk gigi diatas styrofoam yang dilapisi dengan kertas linen hitam




Saya buat dari strawboard yang dipotong ukuran 10x 10cm kemudian disusun




Saya buat dari kertas origami yang digulung kemudian disusun seperti diatas





Saya buat dengan kertas linen putih yang saya potong dengan diameter 2 cm, kemudian dilekatkan dengan lem diatas styrofoam yang dilapisi dengan linen hitam.










Terima kasih atas perhatiannya
Saya minta maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan

Semoga artikel ini bermafaat


Sampai jumpa




No comments:

Post a Comment