Pages

Monday, December 1, 2014

PEMBUATAN MASCOT


Oleh : Winarta
Desain Komunikasi Visual


Selamat malam teman- teman, malam ini saya akan coba menjelaskan sedikit tentang MASCOT. Okey kalau setahu saya Mascot adalah indentitas yang membangun kedekatan emosional, baik itu produk atau acara/ event.

Oh iya kalau teman- teman ada waktu mau mencoba membuat suatu mascot produk atau event, saya akan memberikan langkah- langkah dalam pembuatan Mascot, tapi sebelum itu
saya akan memberi tahu syarat sebuah Mascot : 1. Dipersonifikasi ( hidup seperti manusia ) dalam artian disini, kita membuatnya seolah- olah seperti manusia, baik itu anatomi tubuh dan lain- lain.
2. Ramah : dalam artian disini, sebuah mascot walaupun itu misalnya harimau yang terkesan buas, tapi tetap dalam pembuatanya menjadi mascot harus terkesan ramah.

Okey dibawah ini ada tahap- tahap pembuatan mascot : 

1. kita mengumpulkan data baik itu produk/ event yang mau kita buatkan mascotnya.

2. Sifat : disini kita menentukan sifat suatu produk, misalnya produk susu, sifatnya manis, semangat dll..

3. Pesan : pesan apa yang ingin disampaikan produk kepada target audiensnya.

4. Figur : Kita memberikan beberapa figur yang mewakili sifat produk/ event itu.

5. Alternatif : setelah kita mendapat 1 figur, kita mulai mengembangkan figur tersebut dalam beberapa alternatif.

6. Anatomi mascot : pada tahap ini figur telah jadi 1, kemudian kita membuat anatominya.

7. Study caracter : pada tahap ini figur telah jadi 1, kemudian kita membuatnya dari beberapa sudut, misalnya dari tampak depan, samping, dan belakang. 

8. Aplikasi : pada tahap ini mascot siap untuk diaplikasikan, dalam berbagai gaya dan costum tergantung keperluannya.


Okey itu dari saya, dibawah ini salah satu contoh pembuatan mascot saya, kebetulan disini saya mengambil produk L- MEN.

Ini adalah data- datanya







Kemudian saya membuat ini

1. Sifat : Sehat
               Macho
               Dinamis
               Aktif
               Semangat

2. Pesan : Untuk pria dewasa
                   Atletis
                  Olahragawan

3. Figur : Sapi
                 Kuda
                Pria dewasa

4. Busana : Pakaian lengan pendek/ tidak menggunakan baju
                    Memakai sarung tangan
                    Celana pendek/ panjang
                    Sepatu sport
                    Memegang barble/ tidak


Kemudian saya coba sketsa figurnya

Alternatif 1



Alternatif 2



Alternatif 3



Dari 3 alternatif diatas yang dipilih sama dosen saya adalah alternatif 1 kemudian saya diminta untuk mengembangkannya 2 alternatif lagi seperti dibawah ini.

Alternatif 4


Alternatif 5





Akhirnya dosen saya menyuruh saya memilih alternatif 1 atau 5, saya memilih alternatif 5 terutama dari sudut proporsinya. Siap untuk dikomputerisasi, hehe.
Saran dari dosen saya, anatominya sedikit diperbaiki.






Okey terima kasih atas perhatiannya
Saya minta maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan

Selamat mencoba, tetap semangat dan kreatif




Sampai jumpa








2 comments: